Bekisar Merah, Ahmad Tohari
id
Ahmad Tohari

Bekisar Merah

Notify me when the book’s added
To read this book, upload an EPUB or FB2 file to Bookmate. How do I upload a book?
Bekisar, unggas elok hasil kawin silang antara ayam hutan dan ayam biasa sering menjadi hiasan rumah orang-orang kaya. Dan, adalah Lasi yang berayah bekas serdadu Jepang; kulitnya yang putih dan matanya yang khas membawa dirinya menjadi bekisar untuk hiasan sebuah gedung dan kehidupan megah seorang lelaki kaya di Jakarta. Lahir dalam keluarga petani gula kelapa sebuah desa di pedalaman, Lasi terbawa arus sejarah hidupnya sendiri dan berlabuh dalam kemewahan kota yang tak pernah terbayangkan sebelumnya. Lasi mencoba menikmati kemewahan itu dan rela membayarnya dengan kesetiaan penuh pada Pak Han, seorang suami tua yang sudah lemah. Namun Lasi gagap ketika menemukan nilai perkawinannya dengan Pak Han hanya sebuah keisengan, main-main. Longgar, dan di mata Lasi sangat ganjil.

Dalam kegelapan itu Lasi bertemu dengan Kanjat, teman sepermainan yang sudah jadi lelaki matang. Lasi ingin Kanjat menolongnya seperti dulu ketika keduanya masih sama-sama bocah. Lasi ingin Kanjat membebaskan dirinya dari kurungan bekisar di rumah Pak Han. Tetapi Kanjat sibuk sendiri dengan kegiatan kemasyarakatan dalam upaya memperbaiki kehidupan petani gula kelapa. Maka Lasi harus bisa memutuskan sendiri: tetap menjadi bekisar dalam kurungan kehidupan kota yang makmur tapi ganjil atau terbang untuk membangun kembali dunianya sendiri yang sudah lantak. Pada titik ini Lasi merasa berdiri di simpang jalan yang sangat membingungkan.
This book is currently unavailable
246 printed pages

Impressions

Windiyani Ladoi
Windiyani Ladoishared an impression2 years ago
🔮Hidden Depths

Membolak balikkan perasaan, memang benar bahwa dunia penuh ketidakpastian setiap keputusan memberikan 2 hal kepahitan dan kesenangan. Pada kenyataannya sering kali kita terjerumus pada situasi mendesak dan pada akhirnya memberikan keputusan dari nafsu semata tanpa melihat panjang ke depan.
Tentang Lusi, Darsa, Kanjat dan dunia kenafahan telah memberikan banyak penjelasan bahwa di butuhkan ketulusan dan kerja keras untuk memberikan kehidupan lebih baik kepada orang-orang yang kurang beruntung.
Dan kepada ketidakberuntungan itu bersabar dan tetap berusaha adalah hal pasti karena harapan terhadap orang lain adalah ketidakpastian.

Windi
June 2018

Aga Wilantara
Aga Wilantarashared an impression5 months ago
👍Worth reading

Novel yang bagus tetang kehidupan

Firdaus Rauf
Firdaus Raufshared an impression4 years ago
💡Learnt A Lot

Lengap gak ya ebook ini?

Quotes

H
Hhas quoted10 months ago
nrima ngalah luhur wekasane, orang yang mengalah akan dihormati pada akhirnya
Dike Wibowo
Dike Wibowohas quoted2 years ago
karsa manira iki
Sampurnane ing Pangeran
Kaliputan salawase
Tan ana ing solahira
Pan ora darbe sedya
Wuta tuli bisu suwung
Solah tingkah saking Allah
Menurutku, kesempumaan Tuhan meliputi segalanya. Manusia tak punya tingkah atau maksud. Manusia tuli, bisu, dan hampa. Segala tingkah berasal dari Allah
Sevilen Sevilen
Sevilen Sevilenhas quoted2 years ago
tak ada pemberian tanpa menuntut imbalan

On the bookshelves

Koleksi, Mohamad zainal fanani
Mohamad zainal fanani
Koleksi
  • 116
  • 11
a Place in this World, thebookishome
thebookishome
a Place in this World
  • 98
  • 9
Indonesia, Marina Zala
Marina Zala
Indonesia
  • 41
  • 8
gretongan bermutu, NyetZz
RAWAN BALLAGA , Rawan Ballaga
Rawan Ballaga
RAWAN BALLAGA
  • 115
  • 2
fb2epub
Drag & drop your files (not more than 5 at once)