Rubuhnya Surau Kami, A.A. Navis
id
A.A. Navis

Rubuhnya Surau Kami

211 printed pages
  • 💡Learnt A Lot2
  • 💞Loved Up2
  • 👍Worth reading2
Sign in or Register
Marina Zala
Marina Zalashared an impressionlast year
👍Worth reading
💞Loved Up
🚀Unputdownable

Rata2 udah baca cerpennya banyak yang diambil daei buku kemarau dan jodoh nii

💡Learnt A Lot
💤Borrrriiinnng!

Marina Zala
Marina Zalashared an impression3 years ago
👍Worth reading
💡Learnt A Lot
💞Loved Up

H
Hhas quotedlast month
Mula-mula si anak di namainya Edward. Tapi karena raja Inggris itu turun takhta karena perempuan, ditukarnya nama Edward jadi Ismail. Sesuai dengan nama kerajaan Mesir yang pertama. Ketika tersiar pula kabar, bahwa ada seorang Ismail terhukum karena maling dan membunuh, Ompi naik pitam. Nama anaknya seolah ikut tercemar.
Dan ia merasa terhina. Dan pada suatu hari yang terpilih menurut kepercayaan orang tua-tua, yakin ketika bulan sedang mengambang naik, Ompi mengadakan kenduri.
Maka jadilah Ismail menjadi Indra Budiman. Namun si anak ketagihan dengan nama yang dicarinya sendiri, Eddy.
Ompi jadi jengkel. Tapi karena sayang sama anak, ia terima juga nama itu, asal di tambah di belakangnya dengan Indra Budiman itu. Tak beralih lagi. Namun dalam hati Ompi masih mengangankan suatu tambahan nama lagi di muka nama anaknya yang sekarang. Calon dari nama tambahan itu banyak sekali. Dan salah satunya harus dicapai tanpa peduli kekayaan akan punah. Tapi itu tak dapat dicapai dengan kenduri saja. Masa dan keadaanlah yang menentukan. Ompi yakin, masa itu pasti akan datang.
Dan ia menunggu dnegan hati yang disabar-sabarkan. Pada suatu hari yang gilang gemilang, angan-angannya pasti menjadi kenyataan. Dia yakin itu, bahwa Indra Budimannya akan mendapat nama tambahan dokter di muka namanya sekarang. Atau salah satu titel yang mentereng lainnya. Ketika Ompi mulai mengangankan nama tambahan itu, diambilnya kertas dan potlot. Di tulisnya nama anaknya, dr. Indra Budiman. Dan Ompi merasa bahagia sekali. Ia yakinkan kepada para tetangganya akan cita-citanya yang pasti tercapai itu.
cepat mengambil tiap-tiap yang dikasihi seseorang. Ah, aku tak mengerti, kenapa semua orang yang berbudi baik, terlalu lekas meninggalkan manusia yang mengasihinya. Aku tak mengerti, kenapa mesti begitu. Ataukah dunia ini hanya boleh ditempati orang-orang yang tak baik saja? Ah, maka itu dunia ini tak mungkin jadi surga gerangan?"
"Kamu polisi goblok. Kamu disuruh tangkap Si Patai, tapi orang banci yang kamu tangkap. Betul-betul goblok." kata residen kepada komandan polisi yang salah tangkap.

Ha ha lucu sekali.

Timbuctoo, thebookishome
thebookishome
Timbuctoo
  • 227
  • 20
LISA'S, angelinalplisa
angelinalplisa
LISA'S
  • 58
  • 4
Novel, kpp315
kpp315
Novel
  • 13
  • 3
gretongan bermutu, NyetZz
Eco-bookshelf, b7530658848
b7530658848
Eco-bookshelf
  • 29
  • 2
fb2epub
Drag & drop your files (not more than 5 at once)