Izrail Bilang Ini Hari Terakhirku, Ahmad Rifa'i Rif'an
id
Books
Ahmad Rifa'i Rif'an

Izrail Bilang Ini Hari Terakhirku

Read
Dian Dian
Dian Dianhas quotedlast year
Sudah bertahun-tahun kita menjalani usia dan berkali-kali pula kita ulang tahun. Tapi, sering kali pergantian usia tidak membawa dampak yang signifikan terhadap bertumbuhnya akhlak, ilmu, kualitas dan kuantitas ibadah kita. Kita gencar menyambut ulang tahun dengan sukacita, beragam acara, dan banyak kegiatan yang sering kali hura-hura. Tapi sayang, pergantian usia itu hanya menjadi formalitas yang tidak membuat kita makin takut kepada Allah. Kita lupa bahwa saat bertambah usia, hakikatnya kita sedang mendekat ke Alam Barzah. Saat kita merayakan ulang tahun, sejatinya kita sedang merayakan hilang tahun. Kita tak sadar bahwa sedetik demi sedetik usia kita terus hilang.
Syahrizal Yusran
Syahrizal Yusranhas quoted3 years ago
Rasulullah pernah bersabda, “Akan didatangkan seorang lelaki pada Hari Kiamat, kemudian dia dilemparkan ke dalam neraka dan terburailah isi perutnya sebagaimana seekor keledai yang berputar
mengelilingi penggilingan. Maka berkumpullah para penduduk neraka di sekitarnya. Mereka bertanya, ‘Wahai fulan, apa yang terjadi padamu, bukankah dahulu kamu memerintahkan yang ma‘ruf kepada kami dan melarang kami dari kemungkaran?’ Lelaki itu menjawab, ‘Dahulu aku memerintahkan kalian mengerjakan yang ma‘ruf, sedangkan aku tidak melakukannya. Dan aku melarang kalian dari kemungkaran, tetapi aku justru melakukannya’” (HR Al-Bukhari).
Syahrizal Yusran
Syahrizal Yusranhas quoted3 years ago
Alkisah, suatu hari, seorang laki-laki dengan angkuh datang menemui seorang bijak. Dia kemudian mengatakan, “Maukah engkau aku berikan nasihat?“
Sang bijak pun tak menolak dengan tawaran lelaki tersebut yang hendak memberikan nasihat kepadanya. Tetapi sebelum lelaki itu memberi nasihat, sang bijak mengajukan beberapa syarat yang harus dipenuhi terlebih dahulu.
Sang bijak menjawab, “Ya, silakan berikan saya nasihat, jika Anda memang tak takut tersinggung oleh tiga ayat yang disampaikan dalam Al-Quran berikut:
Apakah kalian menyuruh orang lain berbuat baik, sementara kalian melupakan diri kalian sendiri? (QS Al-Baqarah [2]: 44)
Amat besar kebencian di sisi Allah bahwa kalian mengatakan apa-apa yang tidak kalian kerjakan. (QS Al-Shaff [61]: 3)
‘Dan aku tidak ingin menyalahi kalian (dengan mengerjakan) apa yang aku larang.’ (QS Hûd [11]: 88)”
indra orks
indra orkshas quoted5 days ago
‘Izrail Bilang,
Ini Hari Terakhirku
indra orks
indra orkshas quoted5 days ago
Setelah ikrar itu diucapkan, ada kabar akan ada peperangan. Prajurit itu denga
Dinda Chamilia
Dinda Chamiliahas quoted7 months ago
Sudah bertahun-tahun kita menjalani usia dan berkali-kali pula kita ulang tahun. Tapi, sering kali pergantian usia tidak membawa dampak yang signifikan terhadap bertumbuhnya akhlak, ilmu, kualitas dan kuantitas ibadah kita.
Shea Raven
Shea Ravenhas quoted9 months ago
hidup masyarakat kita bisa dengan mudah ditebak; lahir, sekolah, kuliah, kerja, nikah, punya anak, anaknya sekolah, kuliah, kerja, nikah, nyicil rumah, punya cucu, pensiun, mati.
Dian Dian
Dian Dianhas quotedlast year
Pertanyaan kedua, bayangkan kemampuan finansial kita terbatas, mana dari lima aktivitas atau pekerjaan yang telah kita sebut di dalam jawaban pertanyaan pertama yang menurut kita paling prospektif untuk menghasilkan uang berlimpah dan mencukupi kebutuhan hidup kita.

Pertanyaan ketiga, sebutkan apa pekerjaan yang sangat mudah kita lakukan tanpa beban, dalam penilaian orang lain kita mengerjakan pekerjaan itu dengan sangat baik, tetapi bagi orang lain hal itu cukup sulit untuk dilakukan. Nah, jawaban yang palng sering muncul dalam tiga pertanyaan itu, insya Allah itulah passion kita.

Jangan ragu untuk memilih atau beralih pada pekerjaan atau profesi yang kita cintai. Karena sering kali pekerjaan yang kita bahagia saat mengerjakannya itulah pekerjaan yang membesarkan masa depan kita. Temukan itu di usia semuda mungkin, lalu asah dengan baik.
Dian Dian
Dian Dianhas quotedlast year
Kerjakan saja yang kita mampu, Allah yang akan menolong kita pada hal-hal yang kita tidak mampu. Kerjakan saja yang kita bisa, Allah yang turun tangan bantu kita pada yang kita tidak bisa
Dian Dian
Dian Dianhas quotedlast year
Bersyukur, ikhlas, dan tawakal, insya Allah itulah tiga formula kebahagiaan dalam hidup
Dian Dian
Dian Dianhas quotedlast year
Sebelum menuntut yang belum ada, syukuri yang ada.
Dian Dian
Dian Dianhas quotedlast year
“I am called ‘the poorest president’, but I don’t feel poor. Poor people are those who only work to try to keep an expensive lifestyle, and always want more.”

—Jose Mujica, President of Uruguay
Dian Dian
Dian Dianhas quotedlast year
Ketika sedang menghadapi masalah hidup, saya sering kali menghibur jiwa dengan kalimat ini, “Semua ini akan berakhir pada waktunya. Semua ini terjadi tak akan lama. Asal Allah tak murka, cukuplah menjadi pelipur gundah dan penghapus duka.”
Dian Dian
Dian Dianhas quotedlast year
hidup memang sebuah perjalanan yang sangat panjang, tapi sepanjang apa pun perjalanan itu, ternyata hanya punya satu tujuan: kembali kepada Sang Pemilik hidup.
Dian Dian
Dian Dianhas quotedlast year
Silakan berpayah-payah mengejar ambisimu, asalkan kau ingat bahwa ‘Izrail ada di belakangmu dan sewaktu-waktu siap untuk mengambil ruhmu. Silakan berpayah mengejar cita duniamu, tapi ingatlah, suatu saat kita akan berjumpa dengan batas hidup yang bernama ajal.
Dian Dian
Dian Dianhas quotedlast year
“Semua mata akan menangis pada Hari Kiamat kecuali tiga. Pertama, mata yang menangis karena takut kepada Allah Swt. Kedua, mata yang dipalingkan dari apa-apa yang diharamkan Allah. Ketiga, mata yang tidak tidur karena mempertahankan agama Allah.”
Dian Dian
Dian Dianhas quotedlast year
Imam Al-Ghazali dalam kitab fenomenalnya, Ihyâ’ Ulûmiddîn, pernah membagi manusia menjadi tiga golongan. Yaitu orang yang tenggelam menekuni keduniaan, orang yang dalam taraf permulaan tobat, dan orang yang telah mencapai tingkat makrifat.
Dian Dian
Dian Dianhas quotedlast year
“Kalau saja jiwa tidak kekal dan tidak ada lagi kelanjutan hidup serta tak ada Hari Pengadilan yang memutuskan ganjaran dan siksa (reward dan punishment), kita menjadi sulit berbicara tentang perjuangan hidup, tentang baik dan buruk, karena semua itu akan berakhir pada nihilisme dan kehampaan dengan datangnya kematian.”
Dian Dian
Dian Dianhas quotedlast year
Barang siapa mengerjakan kebaikan seberat zarrah, niscaya dia akan melihat (balasan)-nya. Dan barang siapa yang mengerjakan kejahatan sebesar zarrah pun, niscaya dia akan melihat (balasan)-nya pula. (QS Al-Zalzalah [99]: 7-8)
dheedhika
dheedhikahas quotedlast year
mimpi setinggi-tingginya, berupaya sekuat-kuatnya, dan mendekati Allah sedekat-dekatnya. Kalau itu sudah dilakukan, ya sudah, tinggal nunggu.
fb2epub
Drag & drop your files (not more than 5 at once)